Senin, 21 Mei 2018

Apasih itu Literasi?


 Saat ini literasi merupakan gerakan yang gencar di laksanakan oleh pemerintah. jadi, apa sih itu literasi?   


 Hasil gambar untuk literasi
 Literasi sendiri secara bahasa dapat diartikan sebagai kemampuan membaca dan menulisDan dalam bahasa inggris pun , Literacy memiliki arti yang serupa. Dalama bahasa latin literasi atau literatus berarti orang yang membaca. Dalam bahasa latin pula sering dikenal dengan literra atau huruf.

Literasi adalah kemampuan dan kualitas melek huruf (aksara) yang meliputi membaca dan menulis.
Pengertian dari literasi sendiri juga mencakup melek visual yaitu kemampuan untuk mengenali ide ide suatu gambar atau video.


Pada dasarnya seseorang yang melakukan kegiatan ini harus bisa membaca dan menulis . Agar dapat memahami semua fungsi yang ada dalam literasi.Dimana kegiatan ini juga sangat di anjurkan bagi para pelajar agar menambah wawasan yang lebih baik.

EDC atau education Development center menyatakan bahwa , literasi tidak hanya sekedar membaca dan menulis. Melainkan segenap potensi dan keterampilan (skills) yang dimiliki dalam hidupnya.dengan pemahaman bahwa literasi mampu membaca kata dan membaca dunia.

UNESCO pun menambahkan bahwa pemahaman orang mengenai literasi sangat tergantung pada kultur budaya, penelitian akademik, intuisi, konteks nasional dan juga pengalaman.

Kemampuan literasi sangat mempengaruhi tingkat kualitas individu. Yang bilamana hal tersebut juga berdampak pada kualitas melek huruf suatu negara.

Contoh dari laporan kegiatan membaca atau Literasi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kalau ada yang kurang ,silahkan cantumkan di kolom komentar. Kritik dan saran dari kalain akan membuat saya lebih baik dikemudian hari, terimakasih.

Sudah lama tidak post blog, apa yang terjadi?

Assalamualaikum teman-teman. Wah udah lama banget aku ngga update blog ini. Udah hampir setahun lohh. Maaf banget yaa soalnya emang kemarin...